Mocca Rayakan 21 Tahun dengan Rilis Album Keenam

Mocca mengeluarkan album keenam berjudul Day by Day. Album itu dirilis sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-21 dari band asal Bandung tersebut.

Lewat lagu-lagu dalam albumnya, band yang beranggotakan Arina Ephipania (vokal, ukulele), Riko Prayitno (gitar, bas, vokal latar), Toma Pratama (bas, vokal latar) dan Indra Massad (drum, vokal latar) mencoba memberikan harapan dan optimisme di tengah masa-masa yang sulit akibat adanya pandemi.

Album Day by Day bisa dibilang tercipta secara spontan di masa pandemi. Mocca memang tidak berencana mengeluarkan album penuh sejak jauh-jauh hari.

Awalnya, mereka berencana mengeluarkan mini album pada April 2020. Tetapi adanya kondisi pandemi COVID-19 membuat mereka harus mengurungkan rencana mereka dan akhirnya memutuskan untuk menggarap album penuh.

"Selama pandemi, kami sempat panik. Tapi akhirnya punya beberapa rencana untuk tetap bisa produktif," ujar Toma dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Senin (2/11/2020).

Setelah memutuskan untuk merekam album penuh, para personel Mocca pun harus beradaptasi dengan tata cara rekaman di tengah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Adaptasi itu mau tidak mau membuat para personel Mocca harus menyesuaikan diri. "Kecuali Toma yang sudah lebih berpengalaman dan alatnya sudah lengkap, saya, Riko dan Indra benar-benar harus mulai tahu bagaimana cara merekam di rumah," tutur Arina.

Salah satu lagu di album itu, Everything is Gonna Be Fine, direkam secara jarak jauh secara penuh. Sedangkan lagu-lagu lainnya kebanyakan direkam dari rumah. "Untuk All the Way sama There's a Light at the End of the Tunnel, gue kekeuh minta rekaman di studio karena ingin sound drum yang lebih benar," jelas Indra.

Dalam penggarapan album Day by Day, Mocca turut dibantu oleh sejumlah musisi lainnya, mereka adalah Vega Antares pada akordeon dan kibor, Akbari Hakin alias Bane dari Rosemary pada terompet, Enrico Octaviano pada synthesizer, dan Hiroaki Kato pada vokal latar.

Rekti Yoewono dari The SIGIT dan Mooner ikut berkolaborasi bersama Mocca dalam lagu There's a Light at the End of the Tunnel.

Bantuan dari musisi lain itu, menurut Mocca, memberikan warna dan sentuhan yang lain dalam lagu-lagu mereka.

"Mereka memberikan elemen-elemen yang kami tidak punya, kayak masakan dikasih bumbu yang baru," ungkap Arina.
Publish on : 03 November 2020