7 Alasan Lagu Yogyakarta-nya KLa Project Adalah Lagu Terbaik yang Pernah Ada di Indonesia

Indonesia punya segudang talenta di bidang musik yang setiap jamannya menelurkan karya-karya yang sangat fenomenal. Nah salah satu karya tersebut lahir dari sebuah band era 80an, KLa Project. Band yang dibentuk oleh Katon Bagaskara, Lilo, Adi Adrian, dan Ari Burhani ini udah banyak banget nelurin lagu-lagu keren nan kece, namun kalo mau ngomongin masterpiece maka lagu Jogjakarta akan muncul sebagai juaranya. Lagu yang ada di album ke dua ini emang memiliki nilai-nilai yang cukup untuk bikin orang berpendapat kalo Yogyakarta adalah lagu terbaik yang pernah diciptakan di Indonesia.

1. Aransemen-nya Menarik
Salah satu kekuatan dari lagu Yogyakarta terletak dari aransemen musiknya yang digarap dengan sangat apik. Perpaduan drum dan perkusi, yang kemudian disusul dengan piano elektrik dan bass di intro berhasil membangun mood untuk menuju suatu hal yang sangat luar biasa. Oiya, intro lagu Yogyakarta juga jadi salah satu yang mudah banget diingat. Trus, pemilihan vokal cewek di bagian reff lagu ini juga sangatlah tepat, karena berhasil bikin momen “nyes” setelah sebelumnya di bagian song kamu udah dituntun dengan sangat lembut dan penuh kasih sayang oleh suara empuk Katon Bagaskara.

Jangan lupakan juga gimana suara string/synth keyboard dan flute berpadu dengan sangat manis di bagian tengah lagu, yang umumnya sih diisi sama melodi gitar. Trus di akhir lagu ketukan drum berubah jadi lebih upbeat dengan iringan instrumen yang makin rame dan perpaduan vokal Katon plus penyanyi cewek. Setelah kehebohan tersebut, musik pun kembali lagi ke ketukan awal sama kayak intro. Epic! Kayaknya cocok juga nih lagu Yogyakarta dijadiin versi post rock. Ada yang mau coba?

2. Lirik-nya Bagus (Banget) 
Kayaknya hampir semua orang Indonesia setuju kalau Katon Bagaskara itu adalah salah satu penulis lirik terbaik di tanah air. Katon bisa banget tuh bikin lirik cinta tapi gak terdengar menye, malah sebaliknya terlihat sangat puitis. Ya pokoknya kalo kamu mau nembak cewek pake puisi, coba aja kamu baca-baca lirik lagunya KLa Project.

Nah untuk kasus lagu Jogjakarta rada beda nih. Katon bukan cuma ngebikin lirik puitis yang sederhana namun penuh makna tentang kekaguman atas sebuah kota, tapi juga berhasil menyusupkan pesan rasa cinta terhadap seseorang.

3. Pesannya Tersampaikan: Bikin Kangen Sama Yogyakarta
Gak banyak lagu pop Indonesia yang bisa bikin kangen sama suatu daerah tertentu. Apakah kamu langsung kangen Bali begitu denger lagu Bali Bagus-nya Slank? Apa kamu langsung kangen Solo pas denger lagu Stasiun Balapan-nya Didi Kempot? Jawabannya ya bisa aja sih, tapi kalo ada satu lagu yang dijamin bisa bikin efek kangen luar biasa terhadap suatu kota di Indonesia, maka Yogyakarta adalah jawabannya.

Buat kamu yang udah pernah ke Yogyakarta pastinya langsung kepikiran sama jalan-jalan di sana begitu dengerin lagu Yogyakarta, padahal selama di Yogyakarta kamu gak pernah tuh dengerin lagu Jogjakarta. Sebaliknya buat orang asli Yogyakarta yang dengerin lagu ini akan langsung dihinggapi rasa kangen untuk segera pulang ke kampung halaman. Kenapa sih bisa sampe kayak gitu efek lagu Yogyakarta? Jawabannya adalah perpaduan yang sangat apik antara musik dan lirik.

4. Catchy 
Yang menarik dari lagu Jogjakarta adalah tetap punya tingkat ke-catchy-an yang cukup tinggi walaupun musiknya bisa dibilang gak mudah. Sekali kamu dengar lagu Yogyakarta maka nada-nadanya yang sangat indah akan langsung bersemayam di pikiran kamu seraya menyenandungkannya. Menariknya, bukan cuma nada aja yang gampang diingat di lagu Yogyakarta, tapi hampir semua aspek di dalam lagu tersebut juga penuh dengan racun yang siap menghantui pikiran kamu. Mulai dari ketukan drumnya lah, suara vokalis ceweknya lah, melodi flute dan string/synthnya lah, duh pokoknya nyaris sempurna deh.

5. Abadi
Yogyakarta adalah satu dari sekian banyak lagu yang akan tetap asik dan bermakna didengerin sampai kapan pun. Walaupun umur lagu ini udah 20 tahunan dan udah makin banyak lahir lagu-lagu baru, Yogyakarta tetap bisa muncul dipermukaan. Bahkan baru-baru ini Ungu ngebawain ulang lagu Yogyakarta, yang sayangnya sih masih gak bisa nyaingin kekerenan lagu aslinya. Maaf ya Sigit Purnomo Syamsuddin Said, tapi intro Jogjakarta udah paling keren dengan ketukan drum dan perkusi.

6. Bisa Dinikmati Dalam Beragam Suasana
Tiap lagu punya mood yang berbeda yang bisa mewakili perasaan seseorang. Kalau lagi seneng pastinya kamu bakal males dengerin lagu-nya Iis Dahlia yang penuh dengan kenestapaan itu. Atau sebaliknya kalau kamu abis putus cinta tentunya Someone Like You-nya Adele bakal kamu lumat walaupun sebenernya kamu benci banget sama lagu tersebut. Nah tapi beda nih sama lagu Yogyakarta. Lagu ini bisa banget kamu dengerin dalam kondisi apapun. Kalau kamu lagi galau, dengerin lagu Yogyakarta masih mendukung. Kamu lagi hepi, dengerin lagu Yogyakarta juga masih bisa bikin kamu senyum. Kamu lagi ngantuk mau tidur? lagu Jogjakara juga bisa jadi nina bobo yang cukup baik. Kamu lagi karokean? lagu Yogyakarta bisa banget bikin ruangan karoke bergemuruh. Bahkan pas kamu lagi kawin pun lagu Jogjakarta masih cocok dijadiin playlist.

Eh tapi ada satu keadaan sih yang gak cocok buat dengerin lagu Yogyakarta, yaitu saat terjadi bencana, karena momen itu milik Ebiet G Ade seorang yang emang maestronya disaster pop.

7. Sederhana
Dibalik semua kehebatan yang tedapat dalam lagu Yogyakarta sebenernya ada satu kata kunci yang mungkin luput dari pandangan, yaitu sederhana. Yes, lagu Yogyakarta itu sebenernya sederhana banget baik dari segi musik maupun lirik. Tapi karena kesederhanaan itu ditampilin dengan sangat jujur tanpa dibuat-buat akhirnya menciptakan sebuah efek yang sangat luar biasa. Yuk mari kita dengerin bersama lagu Yogyakarta
Kamu setuju gak kalau Yogyakarta itu merupakan karya terbaik yang pernah diciptain di Indonesia? Atau mungkin kamu punya pandangan lain? Share ya di komen
Publish on : 13 July 2018